87 Quick & Deep Clean Shoes Care
0813 4070 5788

Ini Cara Mudah Merawat Sepatu Suede!

Sepatu suede terkenal karena teksturnya lembut dan juga memiliki serat-serat halus yang terbuat dari lapisan dalam kulit. Namun, banyak orang ragu memakainya karena khawatir sulit untuk merawatnya, padahal dengan perawatan yang tepat sepatu akan selalu terlihat baru dan awet. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mudah merawat sepatu suede Anda.

1. Gunakan Sikat Khusus Suede

Langkah awal untuk perawatan sepatu suede yaitu menggunakan sikat khusus suede. Biasanya sikat khusus ini terbuat dari bulu lembut yang memang dirancang untuk membersihkan tanpa merusak bahan suede. Sikatlah sepatu dengan gerakan satu arah agar debu dan kotoran yang menempel dapat terangkat. Proses ini akan menjaga tekstur halus suede tetap rapi dan bebas dari kotoran. Apabila terdapat noda yang lebih membandel pada sepatu, Anda dapat menyikatnya dengan gerakan bolak-balik lebih kuat namun tetap hati-hati. Selalu ingat untuk menyikat dengan lembut agar tidak merusak serat suede yang halus.

2. Hindarilah Air dan Kelembaban

Bahan suede sangat rentan terhadap air dan juga kelembaban. Jika sepatu suede yang Anda gunakan basah, segera keringkan dengan menepuk-nepuk sepatu dengan kain bersih dan kering. Hindari menjemur sepatu suede secara langsung dibawah sinar matahari atau menggunakan pengering rambut karena panas berlebihan yang dihasilkan dapat merusak bahan suede.

Selalu gunakan semprotan pelindung suede sebagai tindakan pencegahan sebelum memakai sepatu untuk membantu menahan air dan noda. Pastikan untuk mengaplikasikan semprotan ini di area yang berventilasi baik dan biarkan kering sepenuhnya sebelum Anda mengenakan sepatu. Pencegahan ini sangat penting terutama di musim hujan atau saat kondisi cuaca lembab.

3. Gunakan Semprotan Pelindung Suede

Semprotan pelindung suede merupakan salah satu produk yang sangat wajib dimiliki jika Anda memiliki sepatu suede. Karena semprotan pelindung ini akan membantu untuk melindungi sepatu dari air, noda dan kotoran. Cara mengaplikasikannya pun mudah, Anda hanya perlu menyemprotkannya pada seluruh permukaan sepatu sebelum digunakan. Biarkan sepatu kering sepenuhnya sebelum dipakai, ulangi langkah ini secara berkala terutama setelah beberapa kali penggunaan untuk menjaga perlindungan yang maksimal.

Menggunakan semprotan pelindung suede secara rutin akan membentuk lapisan pelindung pada sepatu, membuatnya lebih tahan terhadap elemen-elemen yang bisa merusaknya. Selain itu, pastikan Anda memilih semprotan pelindung suede yang berkualitas dan sesuai dengan warna sepatu untuk hasil terbaik.

4. Perhatikan Warna Suede

Warna suede bisa memudar seiring berjalannya waktu, terutama jika sepatu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk menjaga warna tetap cerah, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Simpan sepatu suede di tempat yang gelap saat tidak digunakan. Jika warna mulai memudar, Anda bisa menggunakan pewarna suede yang tersedia di pasaran untuk mengembalikan keindahan warnanya. Pewarna suede ini biasanya berupa semprotan yang mudah diaplikasikan dan tersedia dalam berbagai pilihan warna yang sesuai dengan sepatu Anda. Menggunakan pewarna suede ini dapat mengembalikan kilau asli dan membuat sepatu Anda tampak seperti baru lagi.

5. Tangani Noda Segera

Noda yang terdapat pada sepatu suede harus langsung ditangani untuk mencegahnya semakin meresap ke dalam bahan dan menyebabkan kerusakan yang permanen pada sepatu. Jenis noda yang ada pada sepatu suede dan cara menanganinya berbeda tergantung jenis nodanya.

Jika sepatu suede terkena air, tindakan awal yang harus dilakukan adalah dengan segera tepuk-tepuk area yang basah atau terkena air dengan kain yang kering. Biarkan sepatu untuk mengering secara alami di tempat yang memiliki ventilasi baik dan hindari penggunaan panas secara langsung seperti menggunakan pengering rambut atau menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Paparan panas secara langsung dapat merusak serat-serat suede yang halus dan merubah tekstur serta warnanya.

Untuk mengatasi jika terkena noda minyak ataupun lemak, Anda bisa taburkan bedak bayi atau tepung maizena pada area-area yang terkena noda. Biarkan bedak tersebut untuk menempel pada noda selama semalaman penuh, sehingga noda minyak yang menempel dapat terserap sepenuhnya. Keesokan harinya, sikat bedak dengan sikat yang khusus suede sampai bersih. Pastikan Anda menyikatnya dengan lembut untuk menghindari adanya kerusakan pada tekstur suede.

Apabila terkena noda lumpur, noda harus dibiarkan mengering terlebih dahulu sebelum dilakukan pembersihan. Setelah lumpur mengering gunakanlah sikat suede
untuk menyikatnya secara perlahan-lahan. Jika masih ada sisa noda yang menempel, gunakan penghapus khusus suede untuk menghilangkannya. Penghapus ini dirancang secara khusus untuk mengangkat noda tanpa merusak bahan suede, sehingga sangat efektif untuk noda yang membandel.

Noda tinta adalah noda yang paling sulit untuk dihilangkan dari suede. Untuk membersihkannya, Anda bisa gunakan alkohol isopropil dan kapas. Usap noda tinta dengan kapas, lalu basahi secara perlahan dengan alkohol isopropil. Proses ini mungkin memerlukan beberapa kali pengulangan sampai noda benar-benar hilang.

6. Manfaatkan Penghapus Noda Khusus Suede

Selain sikat khusus, penghapus khusus suede juga sangat bermanfaat. Penghapus yang memang dirancang khusus untuk menghilangkan noda dan bekas lecet pada sepatu suede. Cara penggunaanya adalah dengan menggosok penghapus secara lembut pada area-area tertentu yang terkena noda hingga tidak tersisa noda yang menempel. Hindari menggunakan penghapus biasa yang bisa merusak tekstur suede.

Penghapus khusus suede bisa Anda beli di toko-toko sepatu atau secara online. Dengan penggunaan penghapus ini secara rutin bisa mempertahankan penampilan sepatu suede Anda, terutama setelah digunakan di luar ruangan.

Merawat sepatu suede memang memerlukan perhatian dan ketelatenan lebih dibandingkan dengan bahan lainnya, namun usaha tersebut akan sebanding dengan hasil yang didapat. Ingatlah untuk selalu menggunakan sikat dan penghapus khusus suede serta hindari paparan air dan kelembapan berlebihan. Perhatikan juga warna suede dan tangani noda segera setelah muncul untuk mencegah kerusakan permanen. Dengan perawatan rutin dan konsisten, sepatu suede Anda akan selalu tampak seperti baru, memberikan sentuhan elegan pada penampilan Anda setiap saat.

 

Post Terkait
Open chat
Hubungi kami menggunakan chat ini