tips memilih sepatu yang tepat sehat dan nyaman

Memilih sepatu yang tepat, sehat, dan nyaman perlu diketahui. Banyak orang mengabaikan dampak pemilihan sepatu terhadap kesehatan kaki. Kebanyakan orang membeli sepatu berdasarkan tren yang sedang berlangsung sehingga melupakan kenyamanan dan kesehatan kaki. 

Pemilihan sepatu sebaiknya tidak hanya berdasarkan gaya dan model, melainkan juga memperhatikan kesehatan kaki. Salah memilih sepatu dapat membuat kaki Anda menjadi tidak nyaman dan mengganggu kesehatan. Agar tidak salah pilih dan berdampak buruk, Anda perlu mengetahui cara memilih sepatu yang sehat untuk kaki Anda. Berikut beberapa tips memilih sepatu yang tepat, sehat, dan nyaman.

1. Kenali bentuk dan karakteristik kaki Anda

Setiap orang memiliki bentuk dan karakteristik kaki yang berbeda-beda. Hal ini akan berpengaruh terhadap model dan bentuk sepatu yang cocok dipakai. Salah saat memilih sepatu dapat membuat Anda terlihat aneh dan tidak menarik.

2. Ketahui ukuran kaki

Ukuran kaki akan berubah seiring berjalannya waktu. Saat mencoba sepatu, ukuran kaki dan sepatu tidak boleh longgar karena dapat menyebabkan tidak nyaman dan membuat Anda tersandung saat berjalan.

3. Membeli sepatu pada sore atau malam hari

Hal ini dilakukan karena pada sore dan malam hari kaki Anda akan mencapai ukuran terbesarnya setelah seharian beraktivitas.

4. Berdiri saat mencoba sepatu

Coba sepatu dengan posisi berdiri. Pastikan masih ada cukup ruang yang tersisa antara jari kaki dengan ujung sepatu. Hal ini dilakukan agar kaki tidak lecet.

5. Cobalah berjalan di lantai yang keras

Cara selanjutnya, ketika mencoba sepatu yang ingin Anda beli, pakai dan cobalah berjalan di atas lantai yang keras. Hal ini dilakukan untuk merasakan apakah sepatu tersebut nyaman dipakai.

6. Pegang sepatu di bagian tumit dan ujung

Kedua bagian pada sepatu ini harus fleksibel dan memiliki tekstur yang lembut agar tidak membuat kaki lecet.

7. Uji bantalan atau bagian dalam sepatu

Cara berikutnya, uji bantalan atau bagian dalam sepatu dengan cara menekan jari ke dalam sepatu. Pilih bantalan yang empuk agar sepatu nyaman dipakai.

8. Perhatikan bahan pembuat sepatu

Perhatikan jenis bahan dari sepatu yang hendak Anda beli. Sebaiknya pilih sepatu yang berbahan kulit, suede, atau kain. Namun, jika Anda memilih bahan sintetis, pilih sepatu yang berkualitas dan lentur agar kaki tidak lecet.

9. Padu padankan warna sepatu

Pilihlah sepatu yang senada dengan warna kulit atau warna baju yang Anda kenakan. Jika Anda memiliki kulit gelap, bisa memilih sepatu dengan warna netral, seperti hitam atau cokelat.

Open chat
Hubungi kami menggunakan chat ini